Nokia Resmi Meninggalkan OS Symbian

Saturday, January 26, 2013

Nokia selanjutnya dengan resmi meninggalkan Sistem Operasi Symbian yang dulu mendominasi pasar smartphone. Sistem operasi symbian juga dulu berjasa mengantarkan nokia sebagai pemain mutlak di pasar ponsel serta smartphone. 
Nokia Resmi Meninggalkan OS Symbian

Produsen asal finlandia ini sudah resmi meninggalkan sistem operasi symbian serta menyebutkan bahwa nokia 808 pureview yaitu smartphone paling akhir nokia yang menggunakan sistem operasi yang dulu mendominasi pasar smartphone tersebut. 

Nokia juga menyebutkan bahwa pihaknya dapat konsentrasi pada smartphone lumia yang menggunakan sistem operasi windows phone serta jajaran ponsel kelas menengah asha yang menggunakan platform nokia s40.

“Selama transisi kami ke Windows Phone hingga tahun 2012, kami terus kapalkan perangkat berbasis Symbian. Nokia 808 PureView, adalah perangkat yang menampilkan kemampuan imaging yang datang ke pasar pada pertengahan 2012, adalah perangkat Symbian terakhir dari Nokia,” kata perusahaan.

Selama kuartal keempat tahun 2012 ini, Nokia berhasil mengapalkan perangkat berbasis Symbian sebanyak 2,2 juta unit. Bandingkan saja dengan Nokia Lumia yang dikapalkan sebanyak 4,4 juta unit pada periode yang sama. Sedangkan total, Nokia telah mengapalkan 86,3 juta ponsel selama kuartal keempat tahun 2012 ini.

Symbian sendiri yaitu sesuatu perusahaan yang didirikan oleh nokia, ericsson, motorola, serta psion. Nokia pertama kali meluncurkan smartphone yang menggunakan sistem operasi symbian melewati seri 7650 yang lantas disusul dengan kehadiran nokia 3650 serta 6600. 

Sistem operasi symbian dulu merajai pasar smartphone serta menguasai lebih kurang 73 % pasar smartphone pada tahun 2006 lantas. Tetapi, kehadiran sistem operasi baru layaknya apple ios serta google android dengan perlahan-lahan bikin symbian kehilangan pamor. 

Nokia yaitu produsen yang sangat banyak menggunakan sistem operasi symbian di jajaran product smartphone-nya. Saat ini, symbian sudah ditinggalkan nokia yang saat ini berpaling ke windows phone.

0 comments:

Post a Comment