"Penting! Link building sangat penting untuk SEO Blog!"
Itu adalah statemen yang benar-harus diteriakkan oleh saya berkaitan
dengan usaha peningkatan SEO blog/website, alasannya sih nanti saja,
belakangan. haha.
Jadi, apa itu link building?
Link building adalah proses untuk membuat dan meningkatkan jumlah dan kualitas inbound link, yaitu link yang mengarah ke suatu halaman blog/website.
Mengapa
dilakukan proses itu? Karena semakin tingi jumlah dan kualitas link
yang mengarah ke suatu halaman blog/website, semakin tinggi pula
popularitas dan visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking
suatu halaman dapat meningkat seiring dengan meningkatnya popularitas
dan visibilitas tersebut. Artikel baru dari suatu blog yang telah
populer di mata search engine juga akan cepat terindeks dan cepat memiliki SERP yang baik.
Oke sebelum pembahasan mengenai link building diarahkan lebih jauh, kita pahami dulu apa itu sebenarnya "link". Link adalah connector
(penghubung) antara dua halaman web, baik dari suatu halaman utama
(homepage) maupun dari suatu sub halaman ke sub halaman yang lainnya
(post/article page). Link merupakan bagian dari navigasi website yang
tidak dapat dipisahkan. Link yang demikian disebut sebagai internal link.
Lalu, ada pula external link,
yaitu link suatu halaman website yang berada di halaman website yang
lain, atau sebaliknya. Sebagai contoh, ketika anda mensubmit artikel ke
situs direktori artikel dan mencantumkan link artikel website/blog anda,
maka terdapat koneksi yang terhubung dari halaman direktori ke halaman
artikel anda melalui link tersebut.
Dengan demikian, telah jelas bahwa
link building juga berarti membangun link baik secara internal (internal
linking) maupun secara eksternal (external linking).
Internal linking berarti membangun navigasi untuk suatu
webiste/blog di dalam website/blog itu sendiri. Semakin baik internal
linking, semakin baik pula navigasinya bagi pengunjung maupun di mata
search engine. Logikanya, pengunjung dapat dengan mudah mencari artikel
yang diinginkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari suatu halaman
ke halaman yang lain menunjukkan adanya keterkaitan suatu isi satu sama
lain. Selain itu, search engine dapat dengan mudah memetakan link-link
yang ada di dalam website/blog.
Eksternal linking adalah usaha untuk membangun reference dari
suatu blog/website lain melalui link yang mengarah ke blog/website
tertentu. Adanya reference ini menunjukkan bahwa isi suatu halaman
website/blog itu penting di mata website/blog lain. So, semakin banyak
dan berkualitas eksternal link yang mengarah, semakin penting pula
halaman blog/website tersebut. Search engine kemudian melihatnya sebagai
popularitas dan visibilitas suatu halaman website/blog, oleh karena itu
dia lalu menaikkan ranking-nya di dalam halaman search engine (SERP).
Kemudian, karena link halaman tersebut direferensikan oleh banyak
blog/website yang juga memiliki nilai penting dan memiliki keterkaitan yang baik di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank. :)
Nah, disini berarti kita sudah sampai
pada SEO (Search Engine Optimization) dan cukup beralasan sudah mengapa
link building itu penting. So, bagaimana melakukan proses link building
yang baik bagi SEO? Dari apa yang telah sedikit dibahas di atas, kita
ketahui bahwa syarat link yang baik harus memenuhi beberapa kriteria dan
tidak hanya bergantung dari jumlahnya namun juga kualitasnya,
yaitu bersumber dari website/blog yang credible (bisa diartikan sebagai
blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berkaitan (memiliki
topik/tema yang sama), dan mengandung anchor text yang sesuai.
Berikut tips untuk melakukan link building yang baik:
A. Internal linking:
1. Buat navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog dan mempermudah visitor.
2. Tanamkan link suatu halaman posting lain di dalam posting tertentu
sesuai dengan anchor text dan keyword yang berkaitan. Ini juga
memudahkan visitor untuk memahami suatu hal yang tidak dijelaskan di
satu halaman posting blog namun dijelaskan di halaman yang lainnya.
3. Hindari link ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect
link, karena search engine tidak memperhitungkan redirect link. Itulah
mengapa saya tidak terlalu banyak menggunakan widget yang menggunakan
redirect link. Satu dua widget sih tidak masalah, tapi jangan semuanya.
Widget-widget eksternal biasanya menggunakan javascript yang melakukan
generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan lain-lain
yang menghasilkan redirect links.
B. Eksternal linking:
Eksternal linking dapat dilakukan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga
pada jual beli link (buy sell links), spam dan lain-lain. Namun saya
tidak akan mengetengahkan cara-cara tersebut disini. Selain karena tidak
pernah dan tidak memiliki pengalaman tentang cara-cara tersebut, Google
juga sudah memberikan warning-nya dalam Guidelines Google mengenai Quality Content. So, disini kita akan belajar mengenai link building secara natural di dalam organic SEO
Yang harus dipahami terlebih dahulu adalah mengenai link yang berlabel
dofollow dan nofollow. Link yang mengandung "rel=nofollow", akan
diabaikan sebagai reference yang berkualitas oleh Google, meskipun masih
terhitung sebagai backlink. Tag tersebut digunakan karena banyaknya web
spam yang diindeks oleh Google dan merugikan banyak website lain yang
berkualitas namun kalah dalam SEO. Sedangkan Yahoo dan beberapa search
engine lain tidak memperhatikan ini. Itulah mengapa kita dapat dengan
mudah mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo, sedangkan untuk
mendapatkan 1 backlink saja dari Google susahnya setengah mati. Selain
itu, Google juga memperhatikan kualitas dan keterkaitan anchor text dari
website/blog lain yang memberikan backlink.
So, berikut langkah-langkah dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh sebagai sarana untuk membangun link.
Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan
isi nama komentator dengan anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali
lagi, untuk backlink Google, prioritaskan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan memiliki artikel yang original dan bukan contekan sehingga
anda bisa mendapatkan linkback dari website/blog lain yang mereferensi
atau meng-copy artikel blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa
linkback/link sumber, pastikan untuk memintanya. Itulah mengapa saya
sangat menekankan adanya link sumber pada artikel saya yang di-copas,
ini demi kebaikan bersama. Karena sekali Google mengetahui sebuah
artikel adalah contekan, maka dia akan menurunkan ranking SERP-nya
serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan benar-benar penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, misalnya pada blog ini saya menggunakan "tips-tricks blogger" sebagai keyword yang sedang dioptimalkan.
6. Link eksternal juga termasuk link-link dari dalam blog yang mengarah
ke website/blog lain. Memberikan link back kepada situs-situs dengan
kredibilitas dan rank yang baik juga dapat memberikan nilai tambah di
mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yang memiliki
kredibilitas buruk, misalnya web spammer, auto content, agregator,
search engine blog, blog yang tidak memiliki original content, dan
situs-situs sampah lainnya karena ini dapat menurunkan pouplaritas
suatu web/blog. Kita tidak dapat mengontrol siapa yang memberikan
backlink ke blog/website kita, tapi kita dapat mengontrol dan
memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, optimalkan terlebih dahulu link halaman utama (homepage) untuk memperkuat otoritas dan popularitasnya.
Selain cara-cara di atas, anda dapat membangun link dengan misalnya
menjadi guess blogger (sebagai penulis tamu di blog lain), namun untuk
mengawalinya, saya lebih menekankan pada cara-cara tersebut di atas.
Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan waktu bersama blog saja
tanpa "berkelana" ke dunia luar, karena banyak pelajaran dan manfaat
yang bisa diambil termasuk dalam usaha meningkatkan SEO blog melalui link building.
 
0 comments:
Post a Comment